Panduan Chatting

Panduan Chatting

Flow CS (PANCAKE) :

Ketika membuka halaman Pancake, jangan langsung membalas chat yang muncul paling atas. Balas chat paling bawah terlebih dahulu (chat lama) dengan menerapkan filter dibawah ini :

1. Gunakan filter Except Tag 'PENDING CLOSING' kemudian cek dan follow up chat dari 7 hari yang lalu yang statusnya belum 'PENDING CLOSING'
-

2. Gunakan filter 'UNREPLIED' utk membalas semua chat yang belum dibalas (unreplied) untuk chat 7 hari ke atas
-

3. Gunakan filter Tag 'MASSAL + DATA ORDER', utk follow up chat order massal yg telah memberikan data order
-

4. Gunakan filter Tag 'MASSAL + TRANSFER', utk follow up chat order massal yang telah memberikan janji transfer
-

5. Hapus semua filter lanjutkan proses chatting mulai dari chat yang paling bawah, termasuk chat yang baru masuk di hari ini
6. Selalu lakukan poin 3 & 4 secara berkala sbg prioritas membalas chat

...

Target Data Konsumen

Target Data Konsumen ini adalah data yang dibutuhkan untuk menentukan harga produk/layanan yang diinginkan oleh Calon Buyer (Cabuy), supaya CS bisa melakukan proses ‘Closing Penjualan’. Data ini sekaligus sebagai panduan dalam melakukan proses chatting. Percakapan dengan Calon Buyer ditujukan untuk mendapatkan data ini.
  1. Nama Konsumen
  2. Domisili Konsumen
  3. Jenis Produk
  4. Model Produk
  5. Warna Produk
  6. Quantity Produk
  7. Desain Sablon/Bordir

Catatan :
  1. Data domisili hanya tanyakan kota/kecamatannya saja, tidak perlu alamat lengkap.
  2. Deadline pekerjaan tidak perlu ditanyakan kepada, kita yang menetapkan, kecuali sudah jelas produk/layanannya untuk event.
Apabila belum keseluruhan data diatas didapatkan, maka CS dapat terus bertanya kepada Cabuy.

Hanya ada 2 kondisi CS berhenti bertanya kepada Cabuy :
1. Pending Closing - Cabuy tidak jadi membeli
2. Transfer Statement - Permintaan transfer kepada Cabuy

...

Kaidah Chatting

  1. Chat CS dengan Calon Buyer (Cabuy) mengarah pada mengumpulkan data diatas (Target Data Konsumen)
  2. Dalam 1x bertanya berisi 2 pertanyaan (contoh : Nama+Domisili, Jenis Produk+Desain, Jenis Produk+Quantity Produk, dll)
  3. Urutan pengumpulan data boleh tidak berurutan, menyesuaikan pertanyaan Cabuy atau alur chat yang sedang berjalan
  4. Semua jawaban chat CS harus sesuai, menjawab pertanyaan Cabuy
  5. Semua jawaban chat CS WAJIB diakhiri dengan pertanyaan yang mengarah pada mengumpulkan data diatas
  6. CS hanya berhenti bertanya apabila status chatnya 'PENDING CLOSING' atau 'TRANSFER STATEMENT'
  7. Template chat digunakan apabila mewakili pertanyaan Cabuy, apabila tidak mewakili wajib disesuaikan dengan pertanyaannya.
  8. Khusus produk jersey, cukup bertanya domisili + quantity + paket desain sudah bisa memberikan harga/transfer statement. Tidak perlu meminta desain dari konsumen
  9. Minimalkan kebingungan Cabuy, CS yang menentukan arah percakapan dan pengambilan keputusan Cabuy. Contoh : "Tentukan pilihan warna produk, apabila Cabuy tidak suka maka Cabuy akan memilih warna yang berbeda", "Tentukan pilihan produk, apabila Cabuy ingin produk yang berbeda maka Cabuy akan menyampaikan produk yang diinginkannya"
  10. Apabila Target Data Konsumen sudah terkumpul, beri harga dan transfer statement. Jangan berputar-putar bertanya hal lain, apalagi bertanya pertanyaan yang sudah ditanyakan.
  11. Gunakan fitur labeling di pancake untuk mengkategorikan tahapan chat Cabuy.

Blog Post Lainnya
Contacts
0823-5478-6138
support@djoeragankaos.id
Social Media
Tentang Kami
CV. Djoeragan Kaos Bersaudara memberikan layanan pembuatan produk fashion untuk kebutuhan Individu, Perusahaan, Institusi, Organisasi dan Komunitas sejak tahun 2009.
@2025 Djoeragan Kaos Inc.